1. Jelaskan fungsi dan peranan telematika diberbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari?
2. Apa yang menyebabkan layanan telematika semakin berkembang? jelaskan!
3.
Aplikasi-aplikasi
apa saja yang muncul dengan memanfaatkan layanan telematika dan apa peranan dari
aplikasi tersebut?
4.
Bagaimana
menghindari dampak negative dari perkembangan telematika?jelaskan!
Jawab
1.
Fungsi Telematika
Fungsi
dari telematika antara lain :
· Penyampai informasi.
Telematika
digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi
menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia
akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan
kesadaran dan wawasan.
· Sarana Kontak sosial hidup
bermasyarakat.
Interaksi
sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan
kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut,
walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi
sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah
dibanding hasil perseorangan.
Peranan
Telematika Diberbagai Bidang dalam Kehidupan Sehari-hari
Saat
ini Telematika muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan
interaksi di antara manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui
aplikasi Information and Communications Technology (ICT)
· Bidang ekonomi
E-commerce
( transaksi jual beli secara elektronik ) merupakan suatu proses pembelian,
penjualan, mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui
jaringan komputer termasuk internet.
· Pendidikan
E-learning
( pendidikan terbuka dengan metode jarak jauh ) merupakan contoh dari
berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke
cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya
teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya.
·
Administrasi Pemerintahan
E-Government
(admnistrasi pemerintahan secara elektronik) adalah penggunaan teknologi
informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak
lain. Contoh nyata dari program e-government ini adalah adanya badan khusus
yang mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi
Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan
perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan
pendayagunaan telematika di Indonesia.
2. Penyebab
Layanan Telematika Semakin Berkembang
Penyebab
layanan telematika sendiri semakin berkembang
karena, tuntutan dari semua user yang ingin dimanjakan dan tidak mau
ambil pusing dengan apa, dan bagaimana cara mendapatkannya. Sehingga user
merasa dimudahkan, dinyamankan dan aman dalam melakukan segala transaksi yang
semuanya sekarang ini bisa dilakukan di internet.
3. Aplikasi
Yang Muncul Dengan Memanfaatkan Layanan Telematika
Telematika
menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui
perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian/control
pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika
membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data
telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan di teruskan ke pelangggan
. Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi
seperti Handphone, PDA, dan Smartphone.
Berikut
adalah beberapa contoh dari penerapan telematika dalam bidang komputer :
- E-mail (Electronic Mail). Dengan aplikasi
sederhana seperti email maka seseorang yang berada di suatu tempat dapat tetap
berkomunikasi dengan orang lain pada tempat lain. Selain itu, dengan email,
orang dapat mengirimkan berbagai informasi yang cukup banyak, yang tidak
mungkin dapat dilakukan dengan media komunikasi yang lain.
- E-commerce (Electronic commerce
atauPerdagangan elektronik), adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya.
- E-dagang dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
- E-banking, adalah transaksi keuangan antara
personal / perorangan dengan organisasi lainnya dan juga dengan bank yang
berkaitan tanpa adanya uang fisik yang terlibat.
4. Menghindari Dampak Negatif dari Perkembangan
Telematika
Untuk
menghindari dampak negatif dari
perkembangan telematika adalah dengan cara penyaringan informasi mana yang
positif untuk diambil dan mana informasi yang berdampak negatif. Orang tua
mengawasi kegiatan anaknya yang berhubungan dengan telematika, memberikan
pengertian dan arahan agar anak tidak terjerumus kepada hal negatif. Pemerintah
sebagai lembaga yang mempunyai wewenang dalam pembuatan regulasi untuk
membentuk sebuah peraturan atau undang-undang dalam melindungi para pengguna
layanan telematika dari hal-hal yang dapat merugikan para pengguna layanan
telematika tersebut.